You are currently viewing Paylater Bisa Ancam Seseorang untuk Menabung? Cek Untung Ruginya!

Paylater Bisa Ancam Seseorang untuk Menabung? Cek Untung Ruginya!

Paylater merupakan salah satu jenis pembayaran yang saat ini sedang hits dan banyak peminatnya pada beberapa aplikasi, baik aplikasi transportasi hingga e-commerce.

Meskipun tidak semua orang menggunakan sistem pembayaran ini, tetapi banyak pihak yang meramalkan bahwa sistem pembayaran paylater akan terus tumbuh seiring berkembangnya sistem transaksi digital.

Hal tersebut pun senada dengan survey Kredivo dan Katadata yang dilansir dari laman Kompas.com, metode pembayaran paylater menjadi metode pembayaran favorit ketiga di situs belanja online setelah e-wallet dan transfer melalui bank per Maret 2022.

Survey tersebut menyatakan bahwa sebanyak 38% responden yang telah menggunakan paylater dalam satu tahun terakhir, dan angka tersebut akan meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang tumbuh 28%.

Tidak hanya itu, masih dalam survey yang sama, ada sekitar 5% koresponden yang menggunakan metode pembayaran ini dengan alasan ingin coba-coba.

Jadi, dapat diartikan ada sekitar 95% lainnya menggunakan paylater dengan kesadaran penuh dan menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Apa Itu Paylater?

Paylater adalah sistem pembayaran digital yang mirip dengan cara kerja kartu kredit. Perbedaannya adalah pada jasa penyedianya saja. Umumnya pihak fintech sebagai penyedia jasa paylater dan bukanlah bank.

Sistem pembayaran paylater, memungkinkan kamu bisa membeli sesuatu sekarang dan bisa membayar di kemudian hari dengan jangka waktu tertentu mulai dari satu hingga tiga bulan ke depan.

Kini, berbagai aplikasi banyak sekali yang menyediakan sistem pembayaran tersebut. Para pengguna pun banyak yang tergiur karena promo serta diskon yang tersedia ketika melakukan pembayaran dengan sistem ini.

Namun, apakah memang menguntungkan atau justru malah merugikan menggunakan sistem pembayaran ini? Bahkan ada kekhawatiran jika payalter bisa mengancam seseorang untuk menabung.

Untung Rugi Sistem Paylater

Yuk, simak apa saja keuntungan serta kerugian yang kamu peroleh ketika menggunakan sistem pembayaran digital ini.

1. Keungtungan Paylater: Lebih praktis

Paylater memberikan berbagai kemudahan ketika kamu akan bertransaksi apapun. Nah, buat kamu yang ingin memiliki pinjaman tanpa proses yang rumit, paylater adalah pilihan yang tepat.

Pasalnya, dengan sistem pembayaran ini kamu hanya perlu memenuhi beberapa persyaratan yang mudah serta cara pengaktifan yang lebih cepat tidak seperti kartu kredit yang membutuhkan proses lebih panjang untuk mendapatkannya.

2. Keuntungan: Cicilan yang sangat bervariasi

Pada beberapa aplikasi, sistem pembayaran ini memiliki tenor cicilan yang bervariasi. Biasanya mulai dari satu bulan hingga satu tahun. Hal tersebut tentu saja tergantung pada platform mana yang kamu gunakan.

3. Keuntungan Paylater: Berbagai promo

Tidak sedikit orang yang tergiur menggunakan sistem pembayaran digital ini karena tergiur akan promo dan diskon yang begitu beragam.

Mulai dari promo buy 1 get 1, diskon hingga 50 persen, potongan harga hingga beberapa rupiah, atau pun diskon item tertentu lainnya.  

Selain itu, beberapa aplikasi bahkan memberikan promo cashback yang tidak tanggung-tanggung. Bahkan terkadang para pengguna justru hanya membayar Rp10 ribu untuk belanjaan Rp80 ribu. Sangat menarik bukan?

4. Kerugian Paylater: Menjadi lebih boros

Salah satu hal yang merugikan ketika kamu menggunakan paylater adalah menjadi lebih boros dan membuat lebih konsumtif.

Apakah kamu sadar, ketika menggunakan sistem pembayaran ini maka kamu membuat hutang yang lebih banyak? Nah, dengan adanya paylater, kamu akan menambah cicilan per bulan untuk paylater.

Jadi, sistem pembayaran ni akan membuat kamu lebih boros, padahal kamu bisa menahannya hingga gajian tiba, loh!

Baca juga tentang tips hidup hemat dengan metode fugal living

5.  Kerugian Paylater: Adanya ancaman keamanan identitas diri

Tahukah kamu, ketika kamu akan mengaktifkan fitur pembayaran pada aplikasi ecommerce atau e-wallet lainnya, maka data pribadi kamu akan diminta.

Nah, inilah yang membuat keamanan data diri kamu bisa saja diretas kapanpun oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Hal tersebut tentu saja bisa merugikan kamu, karena akan sulit untuk menarik atau menghapus data yang sudah tersebar di beberapa aplikasi.

Oleh karena itu, penting untuk memikirkan ulang jika akan menggunakan sistem pembayaran digital  ini.

6. Kerugian: Kesulitan untuk menabung

Pada dasarnya, kamu tidak hanya kesulitan untuk menabung, tetapi menyisihkan untuk investasi, dana darurat hingga keperluan lainnya pun akan terganggu.

Pasalnya, dana yang seharusnya kamu sisihkan untuk menabung ataupun investasi akan terganggu dengan cicilan paylater setiap bulannya.

Jadi, bijaklah dalam menggunakan fitur paylater di aplikasi favorit kamu. Nah, ada baiknya kamu untuk menyisihkan sedikit gaji kamu untuk Simpanan Pasti di Koperasi Hartanah.

Buat kamu yang ingin uangnya ingin menyimpan atau investasi dengan berbagai program Koperasi Hartanah yang menguntungkan, bisa langsung mengunjungi laman www.hartanahgroup.com

Tinggalkan Balasan